Implementasi Dan Best Practise Simda, Diharapkan Ciptakan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik Dan Bersih

Toboali - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Basel bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar acara Implementasi dan Best Practise Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah (Simda) Keuangan di Balai Daerah, Senin (1/10/2018). Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Basel Riza Herdavid, Sekda Basel Suwandi Aks dan Kepala BPKP Babel Dr. Faizal, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya. 

Bersama dengan BPKP selaku aparat pengawasan intern pemerintah yang bertanggungjawab langsung kepada Presiden, juga sebagai leading sector pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan dengan produk Simda Keuangan, ini merupakan langkah strategis Bangka Selatan untuk meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan pemahaman atas pengelolaan keuangan daerah khususnya bagi aparatur Pemkab Basel serta terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. 

Wakil Bupati Basel Riza Herdavid, mengatakan sebagai salah satu dari keseluruhan Pemerintah Daerah yang ada, tentunya Bangka Selatan menginginkan sebuah predikat terbaik dalam hal pengelolaan keuangan dalam hal ini predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) adalah predikat yang didambakan yang secara langsung menggambarkan keberhasilan dan kesuksesan Basel menjalankan laporan keuangan dan akuntabilitas laporan keuangan yang standar dan sesuai dengan aturan yang berlaku. 

"Opini WTP tidak terlepas dari penerapan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah yang baik dengan penerapan dan implementasi sistem informasi yang baik bertujuan untuk dapat menyajikan laporan keuangan yang akuntabel dan auditabel serta tepat waktu yang merupakan kendala selama ini dihadapi Pemkab Basel," ucap dia sembari menjelaskan dengan penerapan sistem informasi yang baik bertujuan mendeteksi secara dini tindak penyimpangan, khususnya tindak pidana korupsi. 

Menutup pesan, Riza mengucapkan terimakasih kepada BPKP Kepulauan Babel atas komitmen dan atensi kepada Pemkab Basel dalam mendorong dan mengarahkan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan dan akuntabilitas laporan keuangan agar semakin baik. (*erokfo) 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Edo Lebiro
Fotografer: 
Humpro Basel
Editor: 
Edo Lebiro
Bidang Informasi: 
Kominfo